Journalling My Days

Not a girl, not yet a woman :)

Saturday, February 12, 2005

Blog & Blogger

Ada seorang 'pakar' Telematika yang selama ini cukup sering dan dibaca sepak terjangnya di Media Massa yang berkomentar mengenai Friendster dan Blog dan dimuat di Surat Pembaca Tempo dan Harian Bisnis Indonesia. Isi selengkapnya dapat dilihat disini. Sudah lama sebenarnya 'pakar' tersebut menjadi bulan2-an hujatan oleh rekan2 Blogger bahkan sering berperkara dengan beberapa di antara Blogger (Priyadi), hal ini karena si 'pakar' tersebut kurang lebih dianggap sebagai orang yang kemlinthi hehe apa sih bahasa Indonesianya yg baek dan benar? :p Yach yang jelas banyak sekali hal yang hanya merupakan asbun dari dia padahal kalau mau dibuktikan secara lebih jauh dari segi teknologi, kelihatan sekali bahwa ulasan dari dia itu ga IT bangetttt dan cenderung hanya sekedar mencomot statement dari orang yang memang betulan Pakar .. :D wah panjang banget deh kalau mau dibahas dan sebenernya telat juga aku mo ngebahas makanya aku ga mau bahas itu sebenernya.

Aku cuman tergelitik dengan pernyataan dia bahwa Blog itu adalah trend sesaat dan hampir tidak ada manfaatnya. Whattt????? Let's see these information and definition about Blog:

From Blogger it self:

A blog is your easy-to-use web site, where you can quickly post thoughts, interact with people, and more


From Webopedia - The only online dictionary and search engine you need for computer and Internet technology definitions:

(n.) Short for Web log, a blog is a Web page that serves as a publicly accessible personal journal for an individual. Typically updated daily, blogs often reflect the personality of the author.

(v.) To author a Web log.

Other forms: Blogger (a person who blogs).

Coba deh, Webopedia itu selama ini udah jadi acuan berjuta2 netter yang ingin tau lebih detil dan ngelontok tentang satu istilah, sampai memasukkan definisi Blog dan Blogger berarti kan bukan hal yang maen2 gitu loh ... ck ck ck .. kok ya ada yg bilang kalo itu hanya trend sesaat, padahal Blog (CMIIW) sudah mulai dikenal sejak tahun 1998 seperti di-uraikan di Artikel ini, dan kalau sampai sekarang Blog sangat pesat berkembang dan masih akan terus, apakah bisa dibilang trend sesaat? Plis deh, IMHO, sesuatu yang menjadi trend itu biasanya berlangsung lama kalau memang pengikutnya banyak dan mereka merasakan hal yang sangat bermanfaat dari trend tersebut, waktu 7 tahun sampai sekarang sudah cukup membuktikan bahwa Blog adalah hal yang bukan merupakan trend sesaat atau booming. Perkembangannya cukup signifikan dan terus terang ini memacu orang untuk lebih melek Internet, kenapa? Karena:

  1. Dengan terus ber-blog maka dia akan selalu IT updated, masa mau sih Blog-nya ketinggalan dari yang laen yang semakin canggih add-ons dan featuresnya?
  2. Dengan membaca Blog, banyak sekali hal2 seputaran IT yang bisa kita ketahui, dulu waktu aku masih mengasuh acara Don't Miss IT di SCFM, beberapa topik siaran aku angkat dari Blog-nya Benny (hehe ... bahkan Benny beberapa kali jadi nara sumber).

Tuh kan ... banyak kali manfaat Blog sementara 2 hal di atas itu cuman manfaat dari aku pribadi, mungkin bener sih kata pepatah:"Sirik tanda tak mampu" :)) Kali yg bilang Blog itu ga ada manfaatnya, karena ga mampu bikin Blog :p

26 Comments:

Post a Comment

<< Home