Journalling My Days

Not a girl, not yet a woman :)

Wednesday, February 23, 2005

Di Ujung Usia ...

Minggu lalu, waktu ngelewatin rute yang sama selama lebih kurang 3 bulan ini, di deket Kemang Pratama - Pekayon aku liat ada pengamen tua depan sebuah toko Jamu. Mungkin ga aneh ya kalau ada pengamen, tapi hal yang menarik perhatianku adalah:

1. Usianya mungkin sekitar 60 tahun.
2. Berpakaian tradisional Betawi dan alat musik yang di bawa adalah sejenis gendang tradisional Betawi juga yang aku ga tau namanya, anyone knows?
3. Bapak2 itu masih keliatan energik.

4. Walau ditolak dengan agak kasar oleh mbak yang jaga toko Jamu itu, tapi keep on smiling.

Hmph... *menghela nafas berat..* terus terang aku suka kasian liat Bapak2 di ujung usia kayak gitu .. di masa mudanya mungkin tidak cukup bekal yang dia punya untuk hidup lebih layak di usia tua sehingga dia sampai harus mengukur jalan sampai malam gitu .. Aku jauh lagi berpikir mengenai keluarganya, tidak ada kah sanak saudara yang bisa menampung kehidupannya, atau mungkin Bapak itu sendiri yang tidak mau merepotkan anak-cucu? Apapun cerita di balik dirinya, aku cukup salut karena dia masih bekerja keras di usia yang seharusnya tinggal memetik hasil, dan lagi dia masih berwajah ramah walaupun ditolak dengan agak kasar oleh Mbak toko Jamu itu .. padahal sebenernya kan kita kasih 500 pun dia sudah bersyukur..

Aku lebih suka memberi kepada tipe2 seperti Bapak itu, daripada orang2 muda yang berbadan kuat tapi sengaja minta2 di Bis, atau pengamen yang seadanya (Suara atau alat) dan genjreng2 g jelas lagunya trus minta duit juga .. atau bahkan anak2 yang membagikan amplop dan memberi cerita tentang tidak mampu sekolah (tapi waktu ditanya sekolah di mana dan kelas berapa gelagepan..) atau mengarang cerita tentang orang tuanya yang kecelakaan di rumah sakit (tapi selama 3 bulan rute yang sama aku masih menemui ceritanya seperti itu..). Lebih baik aku memberi kepada Bapak2 itu daripada menyuguhkan ucapan kasar dan membagi kata usiran ..

*menghela nafas lagi..*

15 Comments:

Post a Comment

<< Home