Journalling My Days

Not a girl, not yet a woman :)

Monday, March 07, 2005

Berhenti Memberikan Uang Kepada Anak Jalanan

.. Mengapa??

Begitu banyak resiko yang mereka hadapi. Namun mereka tetap berada di jalanan,mengapa ? Karena Uang anda! Banyak pihak dan yayasan yang telah mencoba menolong mereka dengan memberikan sekolah gratis, makanan gratis dan rumah singgah bagi mereka. Namun mereka tetap kembali ke jalan. Karena setiap hari merekamemperoleh "uang gampang" paling sedikitRp. 25.000,- itu berarti dalam sebulan mereka bisa memperoleh Rp.750.000,-
Jumlah yang cukup besar, tidak heran mereka memilih untuk tetap di jalan.

Tapi jika dibiarkan, 10-20 tahun lagi mereka akan tetap berada di jalanan dan bisa jadi menjadi preman yang tinggal di jalan dan melahirkananak-anak kurang mampu dan yang tidak berpendidikan. Ini akan menjadi lingkaran setan dinegara kita.Mereka bukannya tidak punya pilihan lain, apa yang bisa kita lakukan agar mereka tidak berada di jalanan lagi ?

BERHENTI MEMBERIKAN UANG KEPADA MEREKA.

Dengan begitu kita menolong mereka dari resiko-resiko berbahaya serta memberikan kesempatan kepada mereka untuk menyambut uluran tangan yayasan dan melakukan hal-hal yang berguna untuk masa depannya kelak.Lewat tindakan kita dan kesempatan yangkita berikan, kita secara tidak langsung sedang memulihkan hak-hak asasi anak menurutKonvensi hak anak PBB (diratifikasi Keppres RINo. 6/1990) :

- Hak untuk hidup
- Hak untuk tumbuh dan berkembang
- Hak untuk memperoleh perlindungan
- Hak untuk berpartisipasi

Dengan kita berhenti memberikan "uang gampang"berarti kita telah menjadi sukarelawan pasif dalam usaha pemulihan hak asasi anak. Disatu sisi kita kasihan melihat mereka namun jikakita memberi uang maka mereka akan tetap seperti itu dan tidak mau menyambut uluran tangan dari yayasan2 yang berniat membantu mereka. Di sisi lain dengan tidak memberikan uang maka kita berharap masa depan mereka akan lebih baik dari sekarang ini. Please think wisely, will you?

21 Comments:

Post a Comment

<< Home